Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup sehat dengan bijak menentukan menu makanan setiap harinya.

Tak hanya seminggu dua minggu, banyak yang melakukannya bahkan hingga berbulan-bulan! Padahal, ada menu diet yang sehat dan tak perlu dilakukan berlama-lama, melainkan hanya seminggu.

Tak hanya berdampak baik bagi kesehatan, menu diet seminggu ini juga manjadi faktor penentu dalam menurunkan berat badan.

Prinsipnya menu diet seminggu yang dimaksud harus memiliki unsur-unsur yang sehat, seperti kaya serat, mengenyangkan, mencegah badan menjadi gemuk, dan menurunkan kadar kolesterol. Mau tahu apa saja menunya?

Yuk, simak menu diet seminggu yang ampu dan menyehatkan berikut ini:

Senin
Roti gandum, menu ini cocok untuk sarapan maupun makan siang. Pasalnya, roti gandum dapat mengenyangkan perut Anda dalam waktu lama. Tak hanya itu, roti gandum terbuat dari biji-bijian murni yang juga kaya akan nutrisi dan serat. Untuk menambah rasa, Anda bisa mengolesinya dengan selai kacang yang tak kalah menyehatkan.

Buah tomat, meskipun rasanya bukan kegemaran setiap orang, namun buah tomat kaya akan vitamin A, C, dan K, serta zat besi, protein, fosfor, kalium, dan kalsium. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi penyedap makanan.

Oatmeal, menu ini dapat Anda tempatkan sebagai sarapan, makan siang, maupun makan malam. Dengan kandungan serat, karbohidrat, dan mineralnya, oatmeal bisa Anda jadikan sebagai pengganti nasi yang tidak lekas membuat lapar.

 Selasa
Menu diet seminggu di hari selasa yang pertama bisa Anda konsumsi adalah nasi merah, satu lagi pengganti nasi yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda tanpa membuat lapar dengan cepat. Nasi merah kaya akan serat, karbohidrat, dan protein yang baik untuk daya tahan tubuh dan pencernaan Anda.

Jus jambu, untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin hari ini, Anda membutuhkan asupan buah. Anda bisa mendapatkannya di buah jambu, yang juga bagus untuk peredaran darah.

Orak-arik sayur, untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu Anda harus berhati-hati agar menu sayuran ini tetap rendah lemak. Karenanya, gunakan lah minyak zaitun atau mentega rendah lemak untuk memasaknya.

Rabu
Daging rendah lemak, hari ini izinkanlah perut Anda untuk mencicipi daging. Jika diolah dengan bahan yang rendah lemak, daging justru bagus untuk kesehatan karena kaya akan protein nabati.

Buah pisang, untuk memenuhi kebutuhan buah hari ini, konsumsilah buah pisang yang juga kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Di samping itu, pisang juga mengenyangkan dan tidak cepat membuat Anda lapar.

Buncis dan wortel, penuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral Anda dengan mengonsumsi kedua sayuran ini sebagai menu diet seminggu di hari rabu ini.

Kamis
Kentang, dapat menjadi pengganti nasi. Anda dapat mengolah panganan kaya karbohidrat ini dengan cara direbus hingga lembut.

Jus alpukat, penuhi kebutuhan asupan buah harian Anda dengan jus alpukat. Tak hanya dijus, buah kayak mineral dan vitamin ini juga dapat Anda makan langsung dengan menumbuknya di dalam gelas.

Salad, racik semangkuk salad penuh dengan sayur-sayuran yang Anda inginkan, jangan lupa bumbui dengan minyak zaitun.

Jumat
Susu, bisa Anda terapkan sebagai penggantisarapan, lho. Anda bisa minum segelas susu murni dengan didampingi roti atau biskuit.

Singkong, merupakan salah satu yang dapat dikategorikan sebagai pengganti nasi. Menu kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda dalam jumlah sedikit.

Jus melon, untuk memenuhi kebutuhan buah, vitamin, dan mineral harian Anda, konsumsilah jus melon, atau buah melon secara langsung.

Sabtu
Yoghurt, bisa Anda konsumsi saat sarapan ataupun malam hari sebelum tidur. Menu ini kaya akan protein.

Jagung, konsumsi bahan pangan ini sebagai pengganti nasi, dengan cara merebus atau mengkukusnya. Anda juga dapat membuat sweet corn dengan menambahkan susu dan keju di atasnya.

Jus jeruk, untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin harian Anda.

Minggu
Menu diet seminggu pada hari minggu ini Anda dapat mengonsumsi pancake buah, di hari libur ini Anda dapat memanjakan diri dengan mengonsumsi pancake buah. Selain mengenyangkan, pancake buah juga mampu memenuhi berbagai kebutuhan vitamin, mineral, dan serat Anda.

Ubi jalar, cobalah pula menu ini sebagai pengganti nasi putih saat makan siang atau malam. Pasalnya, ubi jalar juga kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda.

Nah, itu dia menu diet seminggu yang menyehatkan sekaligus memenuhi seluruh kebutuhan tubuh Anda akan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat. Anda dapat pula mengutak-atik menu diet seminggu ini sesuai dengan kesukaan Anda.

Jangan ragu untuk mengonsumsi menu yang sama dalam 2-3 hari dalam seminggu, ya! Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menu diet mayo demi berat badan turun maksimal.

...
Sulselsatu

Reyhand Sinaga, WNI Divonis Seumur Hidup di Inggris atas Kasus Pemerkosaan

JAKARTA - Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Reyhand Sinaga divonis penjara seumur hidup atas kasus pemerkosaan di Manchester, Inggris. Melansir CNN Indonesia, Hakim Suzanne...
Sulselsatu

Sehari Sebelum Masa Larangan, Suardi Saleh Bakal Mutasi Pejabat

SULSELSATU.com, BARRU - Bupati Barru Suardi Saleh akan memutasi sejumlah pejabat dari berbagai eselon pada Selasa (7/1/2019). Keputusan Suardi ini nyaris bertepatan dengan larangan mutasi...
Sulselsatu

Sulsel Diprediksi Hujan Lebat pada 10 Januari, Adnan Imbau Masyarakat Gowa Siaga

SULSELSATU.com, GOWA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiagaan dalam mengantisipasi curah hujan dengan intensitas tinggi (lebat) yang diprediksi...
Sulselsatu

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Sulselsatu

Tabrak Pohon di Barru, Pengendara Motor Asal Pangkep Tewas

SULSELSATU.com, BARRU - Suhardi (18), asal Alakarajae, Kelurahan Attasalo, Kecamatan Ma'rang, Pangkep, tewas di tempat setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di Ammaro, Barru, Minggu...
Sulselsatu

3 Cara Ampuh Keluarkan Lendir Saat Bayi Batuk Pilek

SULSELSATU.com - Kondisi Si Kecil yang baru lahir memang membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit. Terlebih jika cuaca di luar sedang tak menentu. Akibatnya, bukan hanya...
Sulselsatu

Sah, Upah Minimum Kota Makassar 2020 Rp3,1 Juta

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan pengupahan resmi menetapkan Upah Minimum Kota (UMK) 2020 sebesar Rp3,1 juta. UMK ditetapkan melalui sidang pleno di Dinas Ketenagakerjaan, Jumat (15/11/2019)....
Sulselsatu

IndoXXI Tutup, Situs Streaming Film Gratis Masih Bermunculan

SULSELSATU.com, JAKARTA - Situs streaming film gratis, IndoXXI sudah tutup pada 1 Januari 2020. Namun, situs web streaming film di Indonesia seakan tak ada...
Sulselsatu

GALERI FOTO: Idul Adha, PT Passokorang Kurban 2 Ekor Sapi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Direktur PT Passokorang Grup, Andre Prasetya Tanta memberikan daging kurban kepada warga di Bonto Lanra, Kelurahan Banta-bantaeng, Kecamatan Rappocini, Makassar, Rabu...

Baca Juga

Sulselsatu

DPKP Barru Pangkas Pohon Tumbang di Jalur Poros Makassar-Parepare

SULSELSATU.com, BARRU - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kabupaten Barru melakukan pemangkasan pohon di Jalur Poros Makassar Parepare. Pantauan Sulselsatu.com, nampak petugas DPKP melakukan...
Sulselsatu

Iqbal Janji Renovasi Pusat Pelelangan Ikan Paotere

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Rahman Bando, serta Camat Ujung Tanah Andi Unru meninjau...
Sulselsatu

Ketua Gerindra Jeneponto Tuding Salmawati Lawan Keputusan Partai

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Ketua DPC Partai Gerindra Jeneponto, Andi Baso Sugiarto angkat bicara terkait hasil Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Jeneponto yang digelar Senin...
Sulselsatu

Pakai Kapal Pesiar, 614 Wisman Bakal Kunjungi Parepare

SULSELSATU.com. PAREPARE - Kapal pesiar yang memuat 614 wisatawan mancanegara dijadwalkan berkunjung ke Kota Parepare pada Jumat, 17 Januari 2020. Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan...

TERKINI

Sulselsatu

Hadiri Rakerwil Hidayatullah, Appi Dukung Pengembangan Keummatan

SULSELSATU.com MAKASSAR - Bakal calon Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin menghadiri...
Sulselsatu

Muchlis Beberkan Langkah Pemkab Gowa Cegah Banjir dan Longsor

SULSELSATU.com, GOWA - Sekretaris Kabupaten Gowa, Muchlis menghadiri sekaligus menjadi narasumber...
Sulselsatu

APT Sebut Koperasi dan UKM Solusi Pengangguran Serta Kemiskinan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Andre Prasetyo Tanta mengajak masyarakat Maccini Parang bangkitkan...
Sulselsatu

Arham Basmin Resmi Kantongi SK dari DPP KNPI, Struktur Diisi Nama-nama Beken

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional...
Sulselsatu

Depak Axelsen, Anthony Ginting Lolos ke Final Indonesia Masters

SULSELSATU.com, JAKARTA - Anthony Sinisuka Ginting melaju ke final Indonesia Masters...
Sulselsatu

Maju di Pilkada Maros, Amirullah Nur Sosialisasi Program ke Pedagang Bakso

SULSELSATU.com, MAROS - Bakal calon bupati Maros Amirullah Nur Saenong (ANS)...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Ekuador Setujui Pernikahan Sejenis

SULSELSATU.com - Mahkamah Konstitusi Ekuador memutuskan menyetujui pernikahan sesama jenis. Persetujuan MK dilakukan setelah pemungutan suara yang dilakukan sembilan majelis hakim secara tertutup. Hasilnya, lima...