iklan Kareba Parlementa
Sulselsatu
Sulselsatu
iklan Kareba Parlementa

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup sehat dengan bijak menentukan menu makanan setiap harinya.

Tak hanya seminggu dua minggu, banyak yang melakukannya bahkan hingga berbulan-bulan! Padahal, ada menu diet yang sehat dan tak perlu dilakukan berlama-lama, melainkan hanya seminggu.

Tak hanya berdampak baik bagi kesehatan, menu diet seminggu ini juga manjadi faktor penentu dalam menurunkan berat badan.

Prinsipnya menu diet seminggu yang dimaksud harus memiliki unsur-unsur yang sehat, seperti kaya serat, mengenyangkan, mencegah badan menjadi gemuk, dan menurunkan kadar kolesterol. Mau tahu apa saja menunya?

Iklan Pemerintah Kabupaten BONE

Yuk, simak menu diet seminggu yang ampu dan menyehatkan berikut ini:

Senin
Roti gandum, menu ini cocok untuk sarapan maupun makan siang. Pasalnya, roti gandum dapat mengenyangkan perut Anda dalam waktu lama. Tak hanya itu, roti gandum terbuat dari biji-bijian murni yang juga kaya akan nutrisi dan serat. Untuk menambah rasa, Anda bisa mengolesinya dengan selai kacang yang tak kalah menyehatkan.

Buah tomat, meskipun rasanya bukan kegemaran setiap orang, namun buah tomat kaya akan vitamin A, C, dan K, serta zat besi, protein, fosfor, kalium, dan kalsium. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi penyedap makanan.

Oatmeal, menu ini dapat Anda tempatkan sebagai sarapan, makan siang, maupun makan malam. Dengan kandungan serat, karbohidrat, dan mineralnya, oatmeal bisa Anda jadikan sebagai pengganti nasi yang tidak lekas membuat lapar.

 Selasa
Menu diet seminggu di hari selasa yang pertama bisa Anda konsumsi adalah nasi merah, satu lagi pengganti nasi yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda tanpa membuat lapar dengan cepat. Nasi merah kaya akan serat, karbohidrat, dan protein yang baik untuk daya tahan tubuh dan pencernaan Anda.

Jus jambu, untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin hari ini, Anda membutuhkan asupan buah. Anda bisa mendapatkannya di buah jambu, yang juga bagus untuk peredaran darah.

Orak-arik sayur, untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu Anda harus berhati-hati agar menu sayuran ini tetap rendah lemak. Karenanya, gunakan lah minyak zaitun atau mentega rendah lemak untuk memasaknya.

Rabu
Daging rendah lemak, hari ini izinkanlah perut Anda untuk mencicipi daging. Jika diolah dengan bahan yang rendah lemak, daging justru bagus untuk kesehatan karena kaya akan protein nabati.

Buah pisang, untuk memenuhi kebutuhan buah hari ini, konsumsilah buah pisang yang juga kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Di samping itu, pisang juga mengenyangkan dan tidak cepat membuat Anda lapar.

Buncis dan wortel, penuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral Anda dengan mengonsumsi kedua sayuran ini sebagai menu diet seminggu di hari rabu ini.

Kamis
Kentang, dapat menjadi pengganti nasi. Anda dapat mengolah panganan kaya karbohidrat ini dengan cara direbus hingga lembut.

Jus alpukat, penuhi kebutuhan asupan buah harian Anda dengan jus alpukat. Tak hanya dijus, buah kayak mineral dan vitamin ini juga dapat Anda makan langsung dengan menumbuknya di dalam gelas.

Salad, racik semangkuk salad penuh dengan sayur-sayuran yang Anda inginkan, jangan lupa bumbui dengan minyak zaitun.

Jumat
Susu, bisa Anda terapkan sebagai penggantisarapan, lho. Anda bisa minum segelas susu murni dengan didampingi roti atau biskuit.

Singkong, merupakan salah satu yang dapat dikategorikan sebagai pengganti nasi. Menu kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda dalam jumlah sedikit.

Jus melon, untuk memenuhi kebutuhan buah, vitamin, dan mineral harian Anda, konsumsilah jus melon, atau buah melon secara langsung.

Sabtu
Yoghurt, bisa Anda konsumsi saat sarapan ataupun malam hari sebelum tidur. Menu ini kaya akan protein.

Jagung, konsumsi bahan pangan ini sebagai pengganti nasi, dengan cara merebus atau mengkukusnya. Anda juga dapat membuat sweet corn dengan menambahkan susu dan keju di atasnya.

Jus jeruk, untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin harian Anda.

Minggu
Menu diet seminggu pada hari minggu ini Anda dapat mengonsumsi pancake buah, di hari libur ini Anda dapat memanjakan diri dengan mengonsumsi pancake buah. Selain mengenyangkan, pancake buah juga mampu memenuhi berbagai kebutuhan vitamin, mineral, dan serat Anda.

Ubi jalar, cobalah pula menu ini sebagai pengganti nasi putih saat makan siang atau malam. Pasalnya, ubi jalar juga kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda.

Nah, itu dia menu diet seminggu yang menyehatkan sekaligus memenuhi seluruh kebutuhan tubuh Anda akan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat. Anda dapat pula mengutak-atik menu diet seminggu ini sesuai dengan kesukaan Anda.

Jangan ragu untuk mengonsumsi menu yang sama dalam 2-3 hari dalam seminggu, ya! Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menu diet mayo demi berat badan turun maksimal.

Iklan PDAM
...
video

VIDEO: Video Pelajar Diduga Mesum Beredar, Ini Klarifikasi Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Video pelajar SMK yang diduga mesum di Kota Parepare beredar dan sempat viral. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, di...

Putra Dollah Mando ke Rutan Polda Minta Barang Bukti ke Tersangka

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Putra Bupati Sidrap Dollah Mando, M Yusuf alias Doni dikabarkan mendatangi tersangka kasus OTT Disdik Sidrap, Syahrul Syam di Rutan Polda...

Airlangga Kirim 7 Orang Utusan Kawal Musda Golkar Sulsel

SULSELSATU.com, JAKARTA - Musyawarah Daerah (Musda) DPD I Partai Golkar Provinsi Sulawesi Selatan bakal digelar mulai malam ini, Kamis 6 Agustus 2020. Meski digelar di...

NA Surati OJK Beri Relaksasi Nasabah Terdampak Bencana di Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah melayangkan surat permohonan relaksasi kepada semua nasabah yang terdampak banjir bandang Masamba. Surat itu ditujukan ke Otoritas...

Angka Sembuh Kasus Covid-19 di Parepare Meningkat

SULSELSATU.com, PAREPARE - Angka kesembuhan kasus Covid-19 di Kota Parepare terus meningkat. Dari 91 kasus positif yang terkonfirmasi, 78 orang dinyatakan sembuh. Wali Kota Parepare...

Akal Bulus Pria Ini Ajak Istrinya “Digoyang” Pria Lain

SULSELSATU.com, SURABAYA - Subdit IV Renakta Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Timur telah menetapkan EH, tersangka kasus bisnis prostitusi pesta seks tukar pasangan...

Video Mesum Luna Maya dan Cut Tari, Ini Komentar Nikita Mirzani

SULSELSATU.com, JAKARTA – Nikita Mirzani mengaku terkejut saat pertama kali mendengar kasus video asusila yang melibatkan Ariel Noah, Luna Maya, dan Cut Tari, kembali...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Dinas Pendidikan

GALERI FOTO: Truk Pertamina Mogok, Pettarani Macet

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Truk tangki pertamina diderek oleh tronton di Jalan Andi pangerang Pettarani, Makassar, Senin (17/9/2018). Truk milik pertamina ini mogok sehingga mengakibatkan kemacetan...

Baca Juga

DPRD Makassar Sebut Penggunaan Anggaran di Posko Perbatasan Tak Maksimal

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar telah mengupayakan memutus mata rantai Covid-19. Salah satunya pembatasan akses keluar masuk di Kota Makassar. Kendati demikian, penjagaan pos...

DPRD Minta Pemkot Parepare Serahkan Rancangan KUA-PPAS Perubahan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wakil Ketua DPRD Kota Parepare Rahmat Sjamsul Alam, menilai rapat konsultasi berkala antara legislatif dan eksekutif sangat penting dalam menunjang pembanguna...
video

VIDEO: Lamarannya Ditolak, Dosen di NTB Tega Bunuh Suster Cantik

SULSELSATU.com - Seorang perawat cantik asal Kota Bima, NTB tewas ditusuk oleh oknum dosen. Dalam video terlihat keluarga menangisi jenazah korban yang diletakan di sebuah...

Begini Cara Nurdin Didik Anak Pulau Tentang Bahaya Sampah Plastik

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Masalah sampah plastik menjadi persoalan global yang harus diatasi, termasuk di Sulsel. Sampah ini menjadi ancaman terhadap ekosistem bahari, kesehatan manusia,...

TERKINI

Dukung Kerajinan Tangan, Rossy Akan Boyong Produk Eceng Gondok ke Inacraft

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Inacraft merupakan pameran kerajinan tangan terbesar di ASEAN...

Belum Rampung, NA Tegaskan Masjid 99 Kubah Belum Bisa Digunakan Ibadah

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menegaskan jika Masjid 99...

Wahana Bermain dan Bioskop Dipastikan Belum Bisa Beroperasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin memberikan penekanan...

Pasca Lebaran Iduladha, Harga Bahan Pokok di Pasar Karisa Jeneponto Alami Kenaikan

SULSESATU.com, JENEPONTO - Sudah sepekan pasca lebaran Iduladha 1441 Hijiriah, harga...
video

VIDEO: Innalillahi, Imam Masjid di Sumut Meninggal Saat Pimpin Salat

SULSELSATU.com - Seorang Imam Masjid Raya Muaralabuh, Sumatera Utara meninggal dunia...

Prabowo Perintahkan Kader Gerindra Masifkan Sosialisasi Danny-Fatma

SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPC Gerindra Kota Makassar mulai masif menyosialisasikan jagoannya...
video

VIDEO: Nyaris Hanyut, 4 Siswi di Maluku Nekat Sebrangi Sungai Deras

  SULSELSATU.com - Sejumlah siswi nekat menyeberangi sungai yang mengalir deras. Video siswi menyeberangi sungai tersebut terjadi di Pulau Seram, Kecamatan Werinama, Kabupaten Seram Bagian Timur,...